LOMBA AGUSTUS KLIEN ANGKATAN II 2016

LOMBA AGUSTUS KLIEN ANGKATAN II 2016

Rabu, 21 September 2016

Peranan Pekerja Sosial

a.    Advokat
Pekerja sosial memiliki kesempatan mempengaruhi kebijakan dan program program pemerintah,agar kebijakan dan program program tersebut sesuai dengan kebutuhan remaja tanpa adanya diskriminasi. Pada tingkatan mikro, pekerja sosial bisa membantu remaja dalam mengadvokasi dirinya sendiri dan keluarganya.
b.    Broker
Pekerja sosial menghubungkan remaja dengan pelayanan pelayanan yang dibutuhkannya. Pekerja sosial tidak hanya menghububgkan, namun juga membantu remaja dalam memilih pelayanan yang lebih sesuai dengan masalah yang dihadapinya. Sebagai broker, perhatian pekerja sosial adalah pada situasi dimana remaja mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan yang dibutuhkannya.
c.    Koordinator
Kemungkinan remaja memilih layanan lebih dari 1 dan di pusat mengembangkan remaja, pekerja sosial bekerja dengan profesi dan staff lembaga lain, sehingga perlu menjamin bahwa seluruh pelayanan yang tersedia terintegrasi. Suatu hal yang sangat penting dalam perang sebagai koordinator adalah memantau perkembangan remaja dan kerjasama antar profesi yang terlibat
d.    Konsultan
Sebagai konsultan dia memiliki keahlian dalam mengidentifikasi masalah, mempelajarinya, dan membuat rekomendasi. Oleh karena itu, pekerja sosial bisa membantu remaja secara individual dengan memberikan informasi tertentu yang di butuhkan remaja.
e.    Konselor
Sebagai konselor atau terafis, pekerja sosial membangun relasi personal dengan remaja dan atau keluarganya. Pekerja sosial bisa mengemukakan pada remaja tentang aspek aspek yang bisa mendukung tahanan diri dan kemandiriannya.
f.     Perencanaan
Pekerja Sosial dipusat pengembangan remaja memiliki tanggung jawab         sebagai perencana dalam merancang pelayanan untuk remaja baik yang akan tinggal di pusat layanan maupun yang berbasis keluarga dan masyarakat. Dalam perencanaan termasuk meyusun pihak-pihak yang akan dilibatkan dalam pelyanan di pusat perembangan remaja.
g.    Problemsolver
Tujuan utama dari pemecahan masalah adalah membuat remaja menjadi percaya diri bahwa ia mampu menolong dirinya sendiri dan menetukan kekutan yang dimilikinya dan menentukan alternatif pemecahan masalah. Melalui peran pemecahan masalah melalui peran pemecahan masalah ini pekerja sosial mengarahkan peran yang harus di mainkan oleh remaja , keluarga ,pengasuh ,  dan pekerja sosial itu sendiri.
h.    Recordkeeper

Merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mendokumentasikan proses dan hasil assesment dalam pelayanan serta evaluasi sebagai recordkeeper pekerja sosial menyimpan secara detail tentang informasi yang terkait dengan proses pelayanan dalam jangka waktu panjang , untuk berkomunikasi dengan profesi dan lembaga lain serta untuk kepentingan monitoring.